Self Order Cafe, Restoran: Kurangi Antrian Percepat Pesanan

Self order cafe, restoran kurangi antrian

Apakah bisnis makanan dan minuman dijalankan serba manual? Jika bisnis F&B kamu masih melayani pesanan menggunakan pramusaji, antrian di layanan hingga bayar tunai dan memberikan antrian, saatnya beralih lebih modern dengan self order. Bagaimana cara kerjanya?

Hal ini berhubungan dengan kepuasan pelanggan ketika layanan dan pesanan makanan dan minuman cepat datang.

Sebagai industri yang mempunyai segmen dan pasar sangat besar, menjalankan usaha makanan dan minuman masih potensial sebagai bisnis yang menjanjikan. Faktor terbesar mengapa bisnis makanan dan minuman ini menguntungkan karena manusia butuh makan dan minum, ya kebutuhan dasar yang harus dipenuhi.

Secara umum, industri makanan dan minuman di Indonesia melibatkan banyak pelaku didalamnya, dari hulu hingga hilir, hingga berbagai industri berbeda. Sebagai penyedia bahan baku, pengelolaan, hingga penjualan secara langsung dan tidak langsung.

Karena namanya bisnis makanan dan minuman, persaingan juga sangat tinggi. Pebisnis yang berani lakukan inovasi dalam bisnisnya akan survive. Salah satu contoh inovasi adalah menggunakan teknologi dalam pengelolaan bisnis cafe dan restoran agar lebih efisien dan modern.

Bisnis Cafe dan Restoran di Indonesia

Bisnis coffee shop dan restoran di Indonesia termasuk salah satu bisnis yang banyak dijalankan saat ini. Hal ini berhubungan dengan trend, gaya hidup, dan kebutuhan dasar manusia untuk makan dan minum.

Bisnis restoran atau rumah makan mempunyai peluang profit bisnis yang menjanjikan meski memiliki tingkat persaingan yang tinggi pula. Dengan keuntungan yang tidak sedikit, membuat banyak orang menjalankan usaha ini dengan berbagai tingkat bisnisnya.

Untuk bisnis rumah makan atau restoran dapat dimulai dari skala kecil dengan membuka warung dengan berbagai jenis menu dan masakan yang cocok di lidah orang Indonesia. Bahkan, bisnis rumah makan atau restoran skala kecil yang sukses dikelola sendiri oleh pemilik usaha.

Untuk bisnis restoran skala menengah dan besar, memang membutuhkan strategi tersendiri agar sukses, karena dengan potensi pasar yang besar, tingkat persaingan juga semakin besar. Semuanya bergantung bagaimana pengelolaan dan strategi yang digunakan untuk merebut pasar yang luas.

Jumlah restoran atau rumah makan di Indonesia mencapai 9.464 dengan skala menengah hingga besar, dengan jumlah terbesar berada di wilayah DKI Jakarta dengan 4.460 restoran.

Membuka usaha restoran merupakan investasi jangka panjang yang dapat memberikan keuntungan berlipat ganda. Peluang untuk melakukan eksplorasi dan kreasi kuliner, menyajikan pengalaman unik kepada pelanggan, dan meraih keuntungan finansial membuat bisnis restoran layak untuk dicoba.

Baca juga: Trend Bisnis FnB Masa Depan: Gaya Hidup, Kebutuhan, Teknologi

Konsep Restoran

Tentunya beberapa hal yang harus kamu pahami dan perhatikan sebelum menjalankan bisnis restoran atau rumah makan ini, seperti membuat konsep restoran yang unik sesuai keinginan pasar, menentukan lokasi yang strategis, pengelolaan restoran, pemilihan tenaga restoran dengan selektif, pilih koki atau juru masak profesional, mempunyai ijin bisnis restoran, promosi restoran, menu dan harga menarik, memanfaatkan teknologi untuk membantu bisnis.

Contoh konsep restoran yang banyak dipakai di Indonesia yang dapat menjadi referensi untuk menjalankan bisnis ini antara lain:

  • Restoran rumahan yang menyajikan menu masakan rumah dengan berbagai jenis masakan dan lauk.
  • Restoran kekinian atau modern yang menyediakan suasana tempat artistik.
  • Restoran yang khusus menyajikan menu berbahan dasar ikan, ayam, seafood, bebek, kambing, daging, dll.
  • Restoran mewah yang hidangannya dimasak oleh koki profesional.
  • Restoran tradisional yang khusus menyajikan hidangan khas suatu daerah, misalkan restoran Sunda, restoran Betawi, restoran China yang menjual berbagai chinese food, restoran India khusus menjual masakan India, dll.

Konsep Coffee Shop

Demikian juga dengan bisnis cafe atau coffee shop di Indonesia tumbuh menjamur. Bahkan, hampir tiap kota baik kecil hingga besar dengan mudah ditemui sejenis coffee shop dari skala bisnis kecil, menengah hingga besar yang menawarkan konsep dan tempat yang menarik.

Bisnis coffee shop atau kedai kopi memiliki peluang bagus buat kamu yang berencana merintis bisnis sendiri karena coffee shop punya segmen yang sangat besar. Peluang inilah yang harus kamu manfaatkan saat menjalani bisnis coffee shop kekinian dengan menyasar siapa saja target konsumen dan hal ini bisa membuat bisnis kedai kopi laris manis.

Menu dalam coffee shop sederhana saja, berupa kopi dan variannya. 79% orang Indonesia atau sekitar 218 juta orang adalah penyuka kopi. Sungguh target pasar yang sangat besar untuk pebisnis kedai kopi.

Kini banyak coffe shop dikembangkan tidak hanya menjual menu kopi saja, mereka dengan menyediakan berbagai menu non kopi, seperti kentang goreng (french fries), aneka pastry, burger, cake, donat, cheesecake, dan makanan ringan lainnya.

Kombinasi menu ini juga akan mendatangkan cuan terhadap omzet harian. Dengan strategi promo yang tepat akan mendatangkan lebih banyak pelanggan ke kedai kopi kamu.

Dari gambaran dua jenis bisnis makanan dan minuman di atas, yaitu restoran dan coffee shop, mempunyai banyak meja, dapat berisi lebih banyak orang yang datang, dan layanan pesanan berbagai jenis macam, bila dijalankan secara manual tentu akan merepotkan.

Bayangkan, banyak pesanan dapat tiba dalam satu waktu, kasir, pramusaji, hingga koki bekerja ekstra keras untuk memberikan layanan pelanggan. Waktu menjadi hal yang sangat penting berhubungan dengan kepuasan pelanggan dalam hal pelayanan.

Bila waktu pelayanan lama, antrian panjang, dapat berpotensi menimbulkan kesalahan dalam pelayanan. Sebuah bisnis makanan dan minuman yang masih dikelola secara manual mulai dari pesanan, pelayanan, pemrosesan, hingga pembayaran, bisa berakibat pada ketidak puasan konsumen.

Saatnya bisnis F&B melakukan inovasi memanfaatkan teknologi agar bisnis makanan dan minuman mempunyai pengelelolaan lebih modern, lebih efisien, dan serba cepat dalam pelayanan.

Self Order untuk Pelanggan

Bayangkan bisnis makanan dan minuman seperti coffee shop, bakery, atau restoran menghilangkan cara manual dengan menggunakan teknologi digital. Pelayanan akan menjadi lebih cepat bagi pelanggan. Operasional bisnis juga semakin cepat dan efisien.

Solusi kelola bisnis cafe dan restoran secara modern dan digital dapat diperoleh melalui Fasty, sebuah sistem yang terintegrasi dalam semua lini bisnis FnB.

Cara kerja self order Fasty untuk bisnis cafe dan restoran sangat mudah. Fasty menyediakan Menu QR yang dapat dibuat oleh pemilik cafe dan resto dengan mudah sesuai jumlah meja yang ada di coffee shop atau restoran.

Pelanggan dapat melakukan pemesanan mandiri atau self order dengan cara scan atau pindai Menu QR di meja, lakukan pemesanan pada layar smartphone, dan bisa bayar langsung secara digital. Tanpa perlu pelayanan manual dari pramusaji atau datang ke kasir, tanpa buku menu, tanpa order dengan kertas. Semua serba digital.

Cara kerja self order di Fasty

Pesanan secara otomatis diterima oleh kasir melalui Waiters Display dan dapur melalui Kitchen Display. Kitchen Display menyajikan daftar pesanan menu dari pelanggan yang telah diterima untuk segera diproses di bagian produksi seperti juru masak atau koki.

Waiters Display menampilkan daftar pesanan dan status kesiapannya untuk dapat disajikan ke pelanggan oleh pramusaji.

Bisnis cafe dan restoran yang menggunakan Fasty melalui self order bisa menerima pembayaran digital atau cashless yang menjadi favorit orang Indonesia, karena lebih aman, efisien, dan tidak perlu bawa uang tunai dalam jumlah besar. Pembayaran digital di Fasty bisa dilakukan menggunakan QRIS, dompet digital (Gopay, OVO, DANA, LinkAja) hingga transfer melalui virtual account bank.

QRIS masih menjadi channel pembayaran favorit orang Indonesia dengan 374 juta transaksi mempunyai nilai total Rp42 triliun dari 48,12 juta pengguna pada 2024 ini.

Dengan bisnis cafe dan restoran menggunakan Fasty, akan memberikan pengalaman atau experience kepada pelanggan dengan pesanan lebih cepat, bayar lebih aman tanpa harus antri di kasir atau layanan yang serba manual.

Selain untuk bisnis cafe dan restoran, Fasty juga dapat digunakan untuk usaha makanan dan minuman lainnya, seperti warung, warkop, bakery, food truck dengan banyak menu untuk mengurangi antrian dan percepat pesanan.

Dengan menggunakan teknologi dalam dunia bisnis FnB akan membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih modern, efisien, dan pelayanan lebih cepat di semua lini untuk kepuasan pelanggan.

Apa itu Fasty?

Fasty adalah solusi sistem untuk pengelolaan bisnis FnB, Cafe, Restoran, dll, terintegrasi dalam satu platform yang mudah untuk efisiensi pesanan dan manajemen bisnis F&B.

Di Fasty Ada Apa Aja?

  • QR Menu dan Self Order (pesan dan bayar dari meja).
  • Sistem Merchant POS lengkap.
  • Integrasi Order – Kasir – Kitchen dalam satu platform.
  • Terima pembayaran online melalui QRIS, e-wallet, bank, dan tunai.
  • Manajemen produk dan kelola bisnis.
  • Laporan real-time penjualan.

Manfaatkan Fasty sebagai solusi untuk bisnis FnB kamu. Hubungi Fasty sekarang juga.

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)

© All Rights Reserved 2024 Fasty. PT Bimasakti Multi Sinergi

×