Manfaat Menu Digital untuk Bisnis FnB

Manfaat menu digital bagi bisnis F&B

Di zaman teknologi semakin pesat, dunia F&B juga harus mengikuti perkembangan dan melakukan adaptasi terhadap teknologi. Bisnis makanan dan minuman atau F&B tanpa adaptasi teknologi akan ditinggalkan pelanggan. Penggunaan menu digital bukan semata trend tapi ada banyak manfaat menu digital bagi bisnis F&B.

Self order dalam bisnis F&B adalah inovasi yang muncul dari perkembangan teknologi yang semakin maju. Pemilik bisnis F&B harus bisa beradaptasi dengan berbagai teknologi untuk mempermudah dan meningkatkan efisiensi bisnis nya melalui self order.

Penerapan self order dalam bisnis F&B memanfaatkan berbagai macam perangkat, seperti scan kode QR untuk akses ke menu digital pada smartphone pelanggan, pemesanan melalui tablet di meja, hingga pemesanan melalui URL atau link yang telah disediakan.

Menu Digital sebagai Inovasi Teknologi Bisnis F&B

Menu digital merupakan salah satu inovasi terbaru dalam penyajian menu di restoran, rumah makan, coffee shop atau kedai kopi, dan bisnis F&B lain yang dapat menggunakan layanan self order.

Selain pemesanan makanan dan minuman, juga sekaligus melakukan pembayaran di meja menggunakan QRIS, dompet digital, dan jenis pembayaran online lainnya.

Baca juga:

Layanan self order penting bagi bisnis F&B karena memberikan banyak manfaat, seperti kepuasan pelanggan bertambah dengan pengalamanan melakukan pemesanan dan pembayaran sekaligus dengan cepat, mengurangi antrian pemesanan dan proses, meningkatkan pendapatan bisnis F&B, meminimalisir kecurangan kasir dan human error, meningkatkan prestise dan daya tarik bisnis F&B, serta mengurangi kontak langsung.

Penerapan layanan self order dan menu digital dapat dilakukan untuk bisnis F&B seperti cafe atau kedai kopi, restoran, rumah makan, food truck, pujasera atau food court, hingga hotel dan kantin rumah sakit.

Baca juga: Peluang Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan, Ini 7 Alasannya

Manfaat menu digital bagi bisnis FnB memberikan banyak dampak terhadap bisnis dan juga bagi pelanggan. Bahkan, menu digital dan self order harus dimiliki bisnis F&B saat ini.

Di zaman serba digital dan serba cepat ini, bisnis perlu mencari cara untuk meningkatkan efisiensi dan memastikan konsumennya selalu mendapatkan yang terbaik.

9 Manfaat Menu Digital untuk Bisnis F&B

1. Meningkatkan Penjualan hingga 30%

Manfaat menu digital dan self order ternyata dapat meningkatkan penjualan bisnis FnB.

Siapa yang tidak senang bila penjualan bisnis makanan dan minuman bisa naik hingga 30%. Adanya menu digital dan self order bagi pelanggan ternyata dapat meningkatkan penjualan.

Self order menu QR Fasty membantu bisnis dan pelanggan

Hal ini dapat terjadi karena dengan menu digital kamu dapat mempromosikan menu-menu penjualannya masih minim dengan sistem cross selling.

Menu yang semula kurang populer dapat lebih mudah berubah menjadi item favorit pelanggan. Pada periode berikutnya, kamu pun bisa mempromosikan menu lainnya.

Melalui menu digital ini, kamu bebas mengatur dan mempromosikan menu terfavorit, menu rekomendasi dari para koki, menu paling banyak dipesan, hingga menu khusus terbatas.

Dengan strategi cross selling atau promo-promo menarik ini akan dapat menaikkan penjualan bisnis kamu semakin tinggi.

Hal ini tidak akan terjadi bila bisnis F&B kamu masih menggunakan menu konvensional.

2. Proses Pemesanan Lebih Cepat Kurangi Antrian

Manfaat menu digital dapat diakses oleh pelanggan dengan cara self order, melalui scan menu QR, link menu hingga menu tablet yang ada di bisnis F&B seperti cafe atau restoran yang kamu kelola.

Pelanggan bebas untuk memilih menu makanan dengan sendirinya, melihat menu hari ini dari pelayanan restoran, menu terfavorit, serta menu rekomendasi dari para koki.

Pelanggan juga bisa menambah ataupun menghapus daftar dari pesanan, lalu melakukan pemesanan dan pembayaran secara online dari meja dengan hanya menekan tombol yang sudah tersedia.

Semua ini akan mengurangi waktu antrian di cafe atau restoran yang kamu kelola sehingga memberikan kepuasan dan kenyaman tersendiri bagi para pelanggan.

Pesanan langsung diterima dapur dan koki segera memasak pesananmu sesuai antrian dengan cepat.

3. Pengalaman Konsumen jadi Menyenangkan

Banyaknya pengunjung yang datang ke cafe atau restoran bukan hanya ingin menikmati makanan dan minuman, melainkan merasakan pengalaman makan yang menyenangkan. Hampir setiap orang tidak bisa lepas dari teknologi.

Banyak orang menginginkan berbagai urusan dapat diselesaikan lebih cepat. Karena itu, kamu perlu menyediakan menu digital untuk menjadikan proses pemilihan dan pemesanan hidangan lebih efisien, praktis, dan cepat.

Berinvestasi melalui sistem menu digital merupakan salah satu langkah efektif untuk bisa mempertahankan para pelanggan sekarang ini sekaligus bisa mendatangkan konsumen baru.

Menu digital membantu cafe, restoran dan bisnis F&B lainnya menghadirkan pengalaman yang tidak biasa bagi pelanggan dan menyenangkan melalui tampilan menu yang atraktif.

Selain itu, menu dalam bentuk digital juga menyederhanakan proses, pelanggan tidak lagi harus menunggu waiter hanya untuk bisa melihat menu.

Cukup dengan scan menu QR, pesan makanan, cancel menu, menemukan pilihan menu terbaik dan rekomendasi, hingga bayar langsung dari meja cashless. Hal ini mengurangi antrian dan mempercepat proses pesanan sampai pada pelanggan.

4. Meningkatkan Daya Saing dan Popularitas Bisnis

Industri F&B sangat kompetitif dalam berbagai hal. Karena itu, kamu perlu menawarkan value lebih dan menyediakan pelayanan lebih baik bila ingin memenangkan persaingan.

Konsumen dari bisnis F&B selalu mencari hal baru, diantaranya berkaitan dengan kebutuhan akan makanan itu sendiri dan juga kenyamanan.

Menu digital bisa membuat bisnis F&B seperti cafe atau restoran menjadi lebih modern serta beberapa langkah lebih maju dari kompetitor lainnya.

Selain itu menggunakan menu digital memberikan kesan modern dan inovatif pada pelanggan, menciptakan daya tarik tambahan an pengalaman yang unik, juga meningkatkan efisiensi operasional dan membuat bisnis F&B tampak berbeda dari yang lain yang masih menggunakan menu konvensional.

Apabila pelanggan senang dengan pengalaman bertransaksi di cafe atau restoran kamu melalui self order dan menu digital, baik online maupun dine-in, besar kemungkinan mereka akan bercerita kepada orang sekitarnya.

Dalam konteks dunia yang sudah serba digital tentu bukan hanya interaksi obrolan, melainkan berbagi di media sosial. Pada akhirnya, bisnis F&B ini akan mendapatkan sarana pemasaran gratis dan menaikkan popularitas untuk dikunjungi.

5. Mudah untuk Update Menu dan Harga

Dalam bisnis F&B seperti cafe, restoran, rumah makan, melakukan perubahan menu berdasarkan analisis permintaan pasar. Hal yang membuat rumit ketika ada menu baru, perubahan menu atau perubahan harga.

Ketika menggunakan buku menu fisik, kamu terpaksa harus cetak buku menu baru. Apalagi bila ada banyak meja dan outlet, akan menambah biaya operasional bisnis F&B.

Namun, kamu tidak perlu repot lagi bila sudah menggunakan menu digital. Cukup dengan menambah produk atau edit produk melalui sistem dari mana saja, maka menu sudah terupdate otomatis baik menu baru dan juga harga.

6. Meminimalisir Kesalahan Pesanan

Menggunakan menu digital dengan self order akan mengurangi kesalahan dalam pencatatan pesanan oleh pelayan atau kasir dan lebih menghemat waktu dalam pemesanan.

Sudah tidak ada lagi pencatatan pesanan oleh pramusaji atau kasir, tidak ada lagi salah proses pesanan oleh tim dapur.

Penggunaan menu digital yang utama ialah kemampuannya untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses order. Pelanggan bisa langsung memilih dan memasukkan pesanan dari perangkat mereka di meja.

7. Meminimalisir Kontak Fisik alias Contactless

Penggunaan menu digital dapat meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan pramusaji atau pelayan. Pelanggan tidak perlu lagi mengantri untuk melakukan pemesanan hingga pembayaran.

Semua kegiatan pemesanan dan pembayaran transaksi bisa dilakukan langsung dari ponsel masing-masing di atas meja.

Selain itu, jenis self order yang lain seperti menggunakan tablet yang disediakan dimeja atau counter khusus, hingga self order link untuk pemesanan dine-in atau take away yang mudah dan cepat.

8. Tampilan Lebih Menarik

Desain menu digital yang bagus dan interaktif dapat membuat pelanggan lebih tertarik untuk memesan makanan dan minuman di bisnis F&B yang kamu jalankan. Kamu bisa menampilkan foto makanan yang menggugah selera.

Dengan menu digital pemilik bisnis F&B dapat memperbarui foto-foto dalam menu dengan mudah bahkan dapat menambah banyak foto dalam satu menu sebagai referensi yang menarik bagi pelanggan.

9. Meningkatkan efisiensi

Keluhan pelanggan saat berada di bisnis F&B seperti cafe, restoran, atau rumah makan ialah menunggu dilayani untuk order makanan. Penyebabnya mungkin memang kekurangan staf atau kondisi sedang ramai.

Penggunaan menu digital ialah kemampuannya untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses order. Pelanggan bisa scan menu QR atau akses self order link dan langsung memilih, memasukkan pesanan, hingga melakukan pembayaran sekaligus di atas meja.

Manfaat menu digital ini bisa mengurangi antrian, waktu tunggu, dan membuat operasional bisnis F&B lebih lancar. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan estimasi waktu pesanan selesai sehingga pelanggan bisa lebih tenang menunggu pesanan mereka.

Bagaimana Cara Membuat Menu Digital dan Self Order

Menu digital hadir sebagai suatu produk digitalisasi bisnis yang sukses dan membantu performa pebisnis F&B. Menu digital merupakan bagian dari self order yang ada dalam sistem POS untuk bisnis FnB.

Fasty memberikan solusi untuk bisnis F&B dengan teknologi self order, menu QR digital, pembayaran online, dan layanan bisnis F&B yang lengkap.

Fasty bukan aplikasi POS biasa. Artinya, pelanggan dapat melihat menu secara online, langsung memesan makanan dan minuman, dan membayar secara online dari perangkat mereka.

Terdapat banyak sistem dan fitur yang bermanfaat bagi bisnis F&B seperti cafe, restoran, rumah makan, food truck, hotel, kantin rumah sakit, dll, seperti:

  • QR Menu Digital dengan Self Order (pesan dan bayar dari meja).
  • Sistem Merchant POS lengkap.
  • Integrasi Order – Kasir – Kitchen dalam satu platform.
  • Terima pembayaran online melalui QRIS, e-wallet, bank, dan tunai.
  • Manajemen pesanan.
  • Manajemen produk dan kelola bisnis.
  • Laporan real-time penjualan.

Fasty membantu bisnis F&B memberikan pengalaman teknologi bagi pebisnis dan pelanggan. Untuk mendapatkan sistem POS dengan sistem yang lengkap hubungi Fasty sekarang juga.

Penggunaan menu digital terbukti meningkatkan performa dan kinerja bisnis F&B serta kepuasan pelanggan. Jadi saatnya menggunakan teknologi Fasty untuk bisnis cafe, restoran, rumah makan, dll dan dapatkan banyak manfaat dan keuntungan untuk bisnis kamu.

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)

© All Rights Reserved 2024 Fasty. PT Bimasakti Multi Sinergi

×