Peluang Usaha Cafe Modal 5 Jutaan dan Hitungannya

Peluang usaha cafe modal 5 jutaan

Bila kamu punya uang untuk modal usaha Rp 5 jutaan dan ingin membuka usaha? Usaha apa yang kira-kira cocok dengan modal segitu? Peluang usaha cafe bisa jadi ide yang bisa kamu jalankan.

Apakah dengan 5 juta usaha cafe atau kedai kopi kamu bisa berjalan dengan lancar tanpa terkendala biaya?

Membuat sebuah cafe memang susah–susah gampang, kamu harus punya ide anti mainstream agar berbeda dengan konsep cafe yang sudah ada di pasaran. Untuk membuat konsep ide cafe yang unik dan menarik harus mengeluarkan banyak biaya, sedangkan modal kamu terbatas di 5 juta saja.

Namun bukan tanpa alasan mengapa usaha cafe atau kedai kopi atau warung kopi sederhana sangat menjanjikan. Ada 5 alasan yang dapat jadi pertimbangan kamu membuka usaha cafe sederhana, kedai kopi, atau warung kopi.

1. Trend kopi

Bisnis coffee shop atau kedai kopi di Indonesia tumbuh menjamur. Bahkan, hampir tiap kota baik kecil hingga besar dengan mudah ditemui sejenis coffee shop dari skala bisnis kecil, menengah hingga besar yang menawarkan konsep dan tempat yang menarik.

Minuman kopi menjadi trend yang terus meningkat di berbagai kalangan masyarakat, terutama kalangan muda. Cafe atau kedai kopi yang menawarkan berbagai varian kopi dan inovasi minuman kopi dapat menarik pelanggan yang beragam.

79% orang Indonesia atau sekitar 218 juta orang adalah penyuka kopi. Sungguh target pasar yang sangat besar untuk pebisnis kedai kopi.

Untuk jenis usaha kedai kopi sederhana berupa warung kopi atau warkop, usaha ini banyak bertebaran dengan jumlah pelanggan yang tidak sedikit. Bahkan, usaha warung kopi ini bisa buka hingga 24 jam.

Dengan trend kopi yang meningkat, peluang usaha cafe atau kedai kopi dapat kamu jalankan dengan modal yang minim.

2. Popularitas

Cafe atau kedai kopi merupakan tempat populer untuk bersantai, bekerja, atau berkumpul bersama teman dan keluarga. Hal ini membuat cafe menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh banyak orang.

Popularitas cafe, kedai kopi, warkop semakin tinggi dengan menjamurnya bisnis ini diberbagai sudut kota. Mulai dari skala kecil hingga besar dengan jaringan luas dibanyak kota.

3. Menjual banyak produk

Cafe atau kedai kopi hingga warung kopi memiliki peluang untuk menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari kopi, teh, kue, makanan ringan, hingga makanan berat. Diversifikasi produk ini dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Apalagi bila kedai kopi yang kamu miliki menyediakan menu makanan kekinian dan menjadi trend, seperti kentang goreng (french fries), aneka pastry, croissant, stroopwafel, cupcake, muffin, cheesecake, burger, cake, donat, dll.

Untuk jenis kedai kopi sederhana, jenis makanan yang dijual sebagai sampingan juga bisa menyesuaikan. Seperti, berbagai jenis gorengan, roti bakar, sosis bakar, dll.

Kombinasi menu ini juga akan mendatangkan cuan terhadap omzet harian, karena bisa jadi pelanggan yang membeli bukan untuk menikmati kopi namun menu lain yang jadi favoritnya. Dengan strategi promo yang tepat akan mendatangkan lebih banyak pelanggan ke kedai kopi atau warunng kopi kamu.

4. Tempat nongkrong dan santai

Cafe juga berfungsi sebagai tempat nongkrong yang nyaman dan santai bagi banyak orang. Faktor ini membuat cafe menjadi tempat yang menarik untuk bertemu dengan orang-orang dan menciptakan pengalaman sosial.

Sediakan kursi dan meja yang cukup sebagai tempat nongkrong pelanggan menikmati kopinya, baik sendirian atau beberapa orang sekaligus. Berikan unsur yang membuat mereka nyaman minum kopi senyaman mereka minum kopi di rumah.

Tambahkan beberapa fasilitas seperti WiFi gratis, colokan listrik, televisi, dan sebagainya. Hal ini akan memudahkan mereka yang ingin menikmati kopi sekaligus bekerja, atau menikmati hiburan sambil minum kopi.

Dalam momen tertentu, di cafe juga bisa disediakan nobar aliasn nonton bareng misalkan pertandingan sepakbola, Formula 1, atau olahraga lain yang punya banyak peminat.

Baca juga: Peluang Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan, Ini 7 Alasannya

5. Perputaran bisnis cepat dan omzet harian

Bisnis kedai kopi memiliki perputaran modal yang cepat. Hal ini berkaitan dengan hasil penjualan dalam sehari. Kamu bisa menghitung pemasukan per hari dan pemasukan tersebut bisa diputar lagi sebagai modal untuk keesokan harinya, atau disimpan untuk belanja keperluan kedai kopi selanjutnya.

Selain mendapatkan uang dari berjualan kopi sebagai menu utama, cafe atau kedai kopi juga mendapatkan pemasukan dari berjualan menu non kopi yang umum dikalangan pembeli seperti berbagai jenis gorengan, roti bakar, sosis bakar, hingga menu kekinian seperti kentang goreng (french fries), aneka pastry, croissant, stroopwafel, cupcake, muffin, cheesecake, burger, cake, donat, dll.

Hal ini akan menambah pemasukan harian kamu sekaligus dapat memutar pemasukan menjadi modal untuk hari-hari selanjutnya. Sehingga, bisnis kamu dapat berjalan dengan lancar.

Dari gambaran alasan peluang usaha cafe atau kedai kopi menguntungkan di atas, tidak usah ragu-ragu lagi untuk memulai menjalankan bisnis kedai kopi ini.

Sebelum memulai bisnis cafe dengan modal 5 jutaan, tidak ada salahnya kamu membuat rincian terlebih dahulu sebelum menjalankannya.

7 Faktor untuk Peluang Usaha Cafe 5 Jutaan

Usaha cafe atau kedai kopi modal 5 jutaan bukanlah hal mustahil, kamu bisa memulai usaha hanya dengan modal terbatas, namun usaha tetap bisa berkembang. Ada lima hal yang harus kamu perhatikan.

1. Riset target pasar

Sebelum memulai bisnis cafe, lakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menentukan konsep, target pasar, lokasi, serta menu. Jangan sampai ketika kamu sudah membuka cafe, tapi lokasi tempat kamu berjualan tidak sesuai dengan target pasar yang kamu tuju, yang bisa menyebabkan cafe kamu sepi pelanggan.

Riset target pasar bisa dimulai dengan menentukan siapa target market kamu, bisa mahasiswa, bisa pegawai kantoran, dan lain sebagainya.

Misalnya kamu menyasar pegawai kantoran, biasanya jam makan siang maupun sore mereka sudah mumet dengan kerjaan yang semakin numpuk, dan yang mereka cari adalah kopi sebagai penghilang penat.

2. Lokasi cafe atau kedai kopi

Lokasi cafe atau kedai kopi mudah dijangkau dan tempat ramai

Yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai usaha cafe atau kedai kopi adalah lokasi. Kamu perlu mencari lokasi yang pas dengan anggaran. Sewa lapak atau ruko untuk cafe membutuhkan biaya yang besar.

Misalkan kamu bisa menggunakan lahan milik sendiri atau kamu bisa mengajukan proposal kerjasama dengan pemilik tempat agar gratis dengan sistem bagi hasil.

Kamu bisa memilih lokasi cafe dengan mempertimbangkan aspek keramaian, kemudahan akses jalan, dan keamanan sehingga peluang cafe atau kedai kopi untuk dikunjungi semakin besar.

3. Tentukan tema atau konsep cafe

Konsep atau tema cafe sebelum memulai

Cafe atau kedai kopi juga dinilai dari tampilannya, sebelum memulai bisnis ini bisa melihat konsep cafe yang sudah ada. Dengan memperhitungkan budget, kamu dapat membuat konsep kedai kopi atau cafe sederhana namun nyaman bagi pelanggan.

Bila ada modal lebih dari usaha kedai kopimu, kamu dapat membuat konsep yang lebih lagi untuk lebih menarik banyak pelanggan.

Salah satu konsep yang juga dapat kamu timbulkan adalah dari menu lain yang ditawarkan selain menu kopi itu sendiri.

4. Variasi menu

Menu yang disajikan menjadi salah satu faktor kesuksesan dari sebuah cafe atau kedai kopi. Menu utama dari sebuah bisnis cafe pastinya kopi dan variannya.

Untuk awal kamu bisa fokus dengan 10-15 menu dahulu, dengan menu utama kopi seperti kopi hitam, espresso, latte, cappucino, macchiato, americano, mocha, cold brew, ditambah menu non kopi seperti teh dan variannya, dan aneka juice buah.

Dapat kamu tambahkan pula aneka jajanan seperti gorengan, roti bakar, donat, kentang goreng, ketan, mie goreng, hingga jenis makanan berat.

5. Promosikan bisnis cafe

Bagian penting dalam membangun cafe atau kedai kopi dengan modal yang minim adalah kamu harus memanfaatkan modal yang tersisa untuk promosi cafe kamu agar pelanggan berdatangan.

Kamu bisa manfaatkan sosial media secara organik maupun berbayar dengan iklan.

Semakin kamu giat mempromosikan cafe, maka besar kemungkinan cafe kamu bisa ramai pengunjung. Konsumen kamu juga dapat menjadi marketing bagi bisnis cafe atau kedai kopimu bila mereka puas dan mengajak orang lain untuk datang ke cafe.

6. Fokus pada kepuasan pelanggan

Bila bisnis cafe sudah berjalan, jangan lupa fokus pada kepuasan konsumen. Agar bisnis dengan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan, kamu bisa menyajikan menu yang bervariasi, makanan yang enak dan berkualitas serta harga yang terjangkau.

Selain menu yang bervariasi, kamu juga dapat menambahkan fasilitas lain di dalam cafe atau kedai kopimu seperti Wifi, toilet bersih dan memadai, serta pelayanan yang baik kepada konsumen.

Dengan begitu konsumen akan merasa puas, bahkan bisa menjadi pelanggan tetap dan bisa merekomendasikan cafe kamu ke teman-temannya.

7. Sumber daya manusia

Sebagai rintisan bisnis yang baru dimulai kamu bisa menjadi sekaligus pemilik, tukang masak, hingga peracik minuman.

Seiring berjalannya waktu dan bisnis cafe kamu berkembang, kamu bisa menambah tim yang dapat mendukung bisnismu di level ini seperti punya tukang masak, bartender atau peracik minuman, dan pramusaji.

Dalam bisnis makanan dan minuman, kualitas pelayanan menjadi hal yang utama untuk kepuasan konsumen, salah satunya dari pelayanan yang diberikan oleh tim yang terlibat dalam bisnis cafe kamu.

Dari faktor-faktor di atas, kamu dapat menyusun rancangan biaya untuk membuka cafe dengan modal 5 jutaan seperti berikut ini.

Rincian Modal Bisnis Cafe 5 Jutaan

NORINCIANBIAYA
Peralatan dan perlengkapan
1Sewa tempat 500,000
2Kompor dan tabung gas 300,000
3Panci, wajan 1 set 300,000
4Panggangan roti bakar wajan 200,000
5Termos 2 buah 200,000
6Piring saji 60,000
7Mug/gelas kaca 200,000
8Sendok dan garpu plastik 100 pcs 40,000
9Meja kursi 4 set (4 kursi) 1,200,000
10Alat kebersihan 100,000
11Papan nama 50,000
12Dekorasi sederhana 100,000
13Listrik dan air 200,000
14Elpiji melon 50,000
Bahan Baku Menu Café
15Kopi lokal 200,000
16Coklat bubuk 70,000
17Susu bubuk full cream 100,000
18Gula pasir 50,000
19Roti tawar 150,000
20Mentega 50,000
21Mie instan 200,000
22Sayur 20,000
23Telur ayam 90,000
24Sosis 80,000
25Topping roti (meses, keju, dll) 150,000
26Lain-lain 200,000
4,860,000

Dari daftar rincian modal bisnis cafe di atas, ada beberapa produk yang merupakan pengeluaran rutin tiap bulan untuk operasional dan juga sebagai inventaris awal memulai bisnis, seperti peralatan untuk memasak, perabot cafe, dll.

Dari rincian di atas tidak disertakan gaji dengan asumsi bisnis kafe ini dikelola sendiri.

Nah, dengan gambaran rincian modal di atas dan berbagai alasan, peluang usaha cafe sangat potensial dilakukan dengan modal hanya Rp 5 jutaan saja. Tidak ada salahnya untuk mencoba.

Manfaatkan Teknologi untuk Bisnis Coffee Shop

Bisnis kedai kopi atau coffee shop memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar, namun kamu juga harus terus memperhatikan keuangan bisnis. Jangan sampai keuntungan yang diperoleh tidak dapat tercatat dengan benar. Hal ini tentu dapat membuat bisnis kamu merugi.

Manfaatkan teknologi pencatatan secara digital untuk bisnis coffee shop kamu. Tidak hanya sebagai pencatatan, namun dapat mengelola bisnis coffe shop dengan baik sehingga kamu dapat menentukan arah dan strategi bisnismu lebih lanjut.

Kamu dapat memanfaatkan teknologi dari sistem POS untuk kedai kopi yang dapat mempercepat segala proses, mulai dari pemesanan hingga pembayaran dilakukan pelanggan sekaligus dari meja. Selain itu, sistem POS yang baik dapat saling terhubung dengan masing-masing unit satu sama lain dalam bisnis FnB untuk mempercepat proses dan efisiensi waktu.

Fasty adalah sistem POS untuk coffee shop yang mempunyai banyak fungsi aplikasi dalam satu platform. Dalam Fasty terdapat sistem POS Kasir, Self Service Order dengan QR menu untuk pelanggan, Kitchen Display System untuk dapur, dan manajemen bisnis FnB untuk pemilik bisnis.

Fasty juga mendukung pembayaran online oleh konsumen melalui QRIS, dompet digital Gopay, OVO, DANA, LinkAja, SpeedCash, transfer bank menggunakan virtual account, hingga tunai.

Pesanan yang dilakukan konsumen langsung diterima oleh kasir melalui sistem POS dan dapur sekaligus melalui Kitchen Display System dan dapat dipantau oleh pramusaji atau waiters melalui Waiters Display hingga penyajian.

Menggunakan teknologi dari Fasty akan sangat membantu bisnis kedai kopi semakin sukses. Sistem bisnis dan manajemen yang baik dapat meningkatkan efisiensi, mempercepat pelayanan, dan membantu mengelola bisnis coffee shop lebih baik.

Bisnis cafe juga ada resikonya. Seorang pengusaha cafe perlu memiliki rencana bisnis yang matang, melakukan riset pasar yang menyeluruh, mengelola keuangan dengan bijaksana, mempekerjakan staf yang terampil, dan terus mengikuti perkembangan industri dan tren konsumen.

Baca juga: Risiko Bisnis Coffee Shop Wajib Diketahui Sebelum Memulai

Dengan persiapan yang baik dan manajemen yang efisien, resiko dalam membuka usaha cafe dapat diminimalisir dan kesempatan untuk sukses menjadi lebih besar.

Nah itulah strategi peluang usaha cafe modal 5 juta yang bisa kamu lakukan sebagai pemula.

Apa itu Fasty?

Fasty adalah solusi sistem untuk pengelolaan bisnis FnB, Cafe, Restoran, dll, terintegrasi dalam satu platform yang mudah untuk efisiensi pesanan dan manajemen bisnis F&B.

Di Fasty Ada Apa Aja?

  • QR Menu dan Self Order (pesan dan bayar dari meja).
  • Sistem Merchant POS lengkap.
  • Integrasi Order – Kasir – Kitchen dalam satu platform.
  • Terima pembayaran online melalui QRIS, e-wallet, bank, dan tunai.
  • Manajemen produk dan kelola bisnis.
  • Laporan real-time penjualan.

Manfaatkan Fasty sebagai solusi untuk bisnis FnB kamu. Hubungi Fasty sekarang juga.

Teguh Hartono
Latest posts by Teguh Hartono (see all)

© All Rights Reserved 2024 Fasty. PT Bimasakti Multi Sinergi

×